SMK Prestasi Prima
Hubungi Kami: 021-8430-6823

Dr. Wannen Pakpahan, MM Meraih Penghargaan Menteri

Wannen Pakpahan

Jakarta Timur memang memiliki tradisi juara, baik dalam bidang Lomba Kompetisi Siswa (LKS), Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN), Olimpiade Sains Terapan Nasional (OSTN) maupun dalam bidang pemilihan guru dan pengawas berprestasi baik tingkat provinsi maupun nasional.

Adalah Wannen Pakpahan, pengawas SMK Kota Administrasi Jakarta Timur tahun 2014 ini berhasil menjadi juara pertama Pengawas SMK Berprestasi tingkat nasional dengan menyisihkan 27 peserta lainnya dari 34 provinsi se Indonesia. Pria yang lahir di Tapanuli Utara, 28 Januari 1961 itu mewakili provinsi DKI Jakarta setelah menyisihkan pesaingnya sesama pengawas SMK dari 5 wilayah Kota Administrasi di provinsi DKI Jakarta.

Pengawas berprestasi ini mengawali kariernya menjadi guru di SMK Negeri 35 sejak 1988 sd. 1999, dengan konsentrasi mengajar sesuai keahliannya dalam bidang Teknik Konstruksi Bangunan. Kariernya mulai menanjak setelah mengikuti tes kepala sekolah. Wannen Pakpahan menjadi Kepala SMK Negeri 58 dari tahun 1999 s.d. 2004. Ia lantas dimutasi menjadi Kepala SMK Negeri 5 dari tahun 2004 s.d. 2006. Ayah dua putri ini selalu menjabat kepala di sekolah dengan program studi keahlian teknologi dan rekayasa sesuai bidang pendidikan yang digelutinya. Sebelum menjadi pengawas SMK, sekolah terakhir yang dijabat sejak 2006 s.d. 2008 adalah SMK Negeri 4 di Cilincing Jakarta Utara. Semua sekolah yang pimpinnya adalah sekolah-sekolah besar dengan kualitas akademik sekolah yang sangat tinggi.

Dengan bekal pengalaman sebagai guru dan kepala sekolah di beberapa lokasi diatas, Wannen Pakpaphan kemudian mengikuti tes untuk menjadi pengawas SMK dan sejak 2008 sampai sekarang lulusan S1 FPTK IKIP Yogyakarta tahun 1986 ini menjadi pengawas SMK provinsi DKI Jakarta yang ditempatkan di wilayah Kota Administrasi Jakarta Timur.

Wannen Pakpahan 2

Di kalangan sekolah seperti yang dikemukakan oleh Basuki Rahmad, M.Si Wakil Manajemen Mutu SMK Negeri 52, pengawas yang beralamat di kelurahan Cipayung Jakarta Timur ini dikenal professional, tegas, terbuka untuk diskusi tentang pengembangan sekolah, berfikir kreatif terkadang menerobos tatanan yang ada dan beliau sangat bersahabat dengan guru terutama di SMK Negeri 52.

Hadi Waulat mantan Kasi Pendidikan SMK Sudin Dikmen Kota Jakarta Timur mengatakan Wannen Pakpahan adalah sosok pengawas yang disiplin, bila membimbing sekolah dilakukan dengan sangat detail, sistematis dan mudah difahami. Tetapi sebaliknya bila sekolah yang membandel, tidak mengikuti ketentuan Ia bersikap sangat tegas. Wannen Pakpahan rupanya tidak puas hanya dengan latar belakang ilmu teknik konstruksi bangunan yang diperoleh di FPTK IKIP Yogyakarya. Tahun 2000 pria yang selalu tampil rapi dan modis ini melanjutkan ke jenjang S2 dengan konsentrasi Manajemen Sumber Daya Manusia di STIM LPMI.

Dengan kemampuan dan kualitas diri yang sangat mumpuni Ia malang melintang sebagai narasumber dan pembicara dari satu workshop ke workshop yang lain, dari satu bimtek ke bimtek yang lain untuk membagi ilmunya kepada para pengelola pendidikan bukan saja di Jakarta Timur tetapi di seluruh wilayah provinsi DKI Jakarta.
Demikian pula sebaliknya, sebagai pengawas, Ia juga sering diundang sebagai peserta dalam berbagai pelatihan baik yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan dan LPMP Provinsi DKI Jakarta, oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan maupun lembaga-lembaga lain yang terkait.

“Upaya Meningkatkan Kinerja Guru Dalam Merencanakan Pembelajaran yang Mengintegrasikan Pendidikan Karakter Budaya Bangsa Melalui Supervisi Klinis Oleh Pengawas pada SMK-SMK Binaan di Jakarta Timur” adalah judul karya tulis dalam rangka meraih Doktor bidang Manajemen Pendidikan tahun 2009 dari Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Disamping itu karya tulis ilmiah berupa Best Practice berjudul : “Virtual Supervision Menjadikan Pengawas Lebih Bermartabat dan Profesional.

Dengan berbagai pengalaman dan kemampuannya, saat ini Wannen Pakpahan sebagai Pembina di sekolah yang didirikannya dibawah Yayasan Wahana Prestasi Prima. Sekolah yang terletak di jalan Raya Hankam Cipayung itu dengan nama SMK Prestasi Prima baru berdiri tahun 2012 dengan membuka empat kompetensi keahlian yaitu Rekayasa Perangkat Lunak, Multimedia, Teknik Komputer dan Jaringan dan Broadcasting.

Rasanya tidak berlebihan dengan segudang aktifitas dalam dunia pendidikan khususnya dalam kepengawasan maka dalam pemilihan pengawas SMK berprestasi yang diadakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Wannen Pakpahan, Doktor Manajemen Pendidikan dari Universitas Negeri Jakarta pada tahun 2006 menerima Satya Lencana 10 Tahun dari Presiden RI Soesilo Bambang Yudhoyono, meraih juara pertama Pengawas SMK Berprestasi tingkat Nasional tahun 2014. Selamat dan sukses stelalu untuk kemajuan dan prestasi pendidikan di provinsi DKI Jakarta khususnya dan Indonesia umumnya (hw).

Dikutip dari: http://sudindikwil1-jkt.com/web/berita/detail/5/superadmin/wannen-pakpahan-pengawas-smk-berprestasi-raih-penghargaan-menteri

Leave a Reply

Calendar

February 2016
M T W T F S S
« Jan   May »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
29  

Contact

SMK Prestasi Prima:

Jl. Hankam Raya No. 89, RT 007/004, Kel. Cilangkap, Kec. Cipayung, Jakarta Timur. 13870.

Telp. (021) 84306823
Fax. (021) 84306823
E-mail. sekolah@smkprestasiprima.sch.id
website. http://smkprestasiprima.sch.id